Monday, April 20, 2015

Cara Cepat Belajar Gitar Untuk Pemula #Seri 1


Belajar gitar untuk pemula membutuhkan trik trik tersendiri supaya bisa dengan cepat menguasai alat musik ini. Saya akan memberikan cara cepat belajar gitar bagi anda yang memang masih dalam proses belajar gitar. Dengan cara cepat maka anda akan lebih mudah dalam belajar gitar karena akan saya beri trik khusus.

belajar gitar untuk pemula

Di dunia ini banyak sekali orang yang minat untuk bermain gitar hanya saja kadang orang tersebut berpikir bahwa cara bermain gitar itu susah sehingga mereka mengurungkan niatnya, namun hal itu tidak sepenuhnya gitar. Belajar gitar akan menjadi mudah dan menyenangkan dengan cara yang tepat. Berikut ini akan saya berikan trik cara belajar gitar untuk pemula dengan cepat. Namun sebelumnya, saya harap anda sudah memahami dan mengetahui tentang Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula karena akan digunakan dalam belajar gitar ini. Artikel ini adalah trik cara bermain gitar seri 1, untuk seri lainnya dapat anda lihat di sini Kumpulan Seri Belajar Gitar .

Cara cepat belajar gitar untuk pemula

Selalu awali apapun dengan niat

Hal yang perlu anda perhatikan dalam setiap apapun yang akan anda lakukan adalah niat dari hati. Dengan niat dari hati maka cara cepat belajar gitar akan mudah anda kuasai. Pastikan terlebih dahulu anda memang ingin belajar gitar. Selanjutnya anda juga harus fokus ketika berlatih serta berlatih secara konsisten. Dengan konsistensi ini maka kita akan lebih terlatih dan terbiasa sehingga tidak susah untuk membunyikan nada nada merdu dari gitar.

Teknik strumming

cara bermain gitar

 

Teknik strumming atau menggenjreng adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat belajar gitar untuk pemula. Untuk teknik ini anda bisa menggunakan jari  kosong ataupun menggunakan pick gitar. Jika anda ingin menggunakan jari  kosong maka anda dapat berlatih strumming pada seluruh senar gitar. Lakukan strumming ke atas dan bawah sampai suara yang dihasilkan halus. Memang ini cukup susah untuk dilakukan jika anda baru pertama memegang gitar, tangan harus lemas untuk bisa melakukan strumming dengan halus.

Selain dengan jari kosong, cara kedua yaitu menggunakan pick gitar. Cara cepat bermain gitar  ini mungkin lebih mudah untuk, anda bisa memilih pick yang tebal ataupun tipis sesuai dengan keinginan anda. Jika anda ingin suara yang dihasilkan oleh gitar keras, maka anda bisa menggunakan pick yang tebal dan sebaliknya jika anda ingin suara gitar yang tidak terlalu keras maka gunakan pick yang tipis. Menggunakan pick dapat mempermudah anda dalam melakukan strumming.

Lakukan senam jari rutin setiap hari

belajar gitar pemula

 

Jika memang ingin cepat belajar gitar untuk pemula maka cara ini sangat cocok bagi anda, meskipun cara ini membutuhkan waktu dan kekuatan tangan anda. Bagi yang sedang belajar gitar, teknik senam jari yang digunakan tidak sama ketika anda belajar melodi gitar. Disini anda perlu senam jari diluar fretboard gitar. Jadi anda dapat senam dengan menggerak-gerakkan jari jari anda. Lakukan itu setiap hari sebelum anda mulai belajar menggunakan gitar, dengan cara itu maka jari anda akan lebih lentur sehingga ketika dibutuhkan perindahan chord yang cepat anda dapat dengan mudah melakukannya. Lakukan senam jari minimal 20 menit sebelum anda belajar cara bermain gitar.

Setting senar tinggi dari fretboard

cara cepat belajar gitar

 

Trik belajar gitar untuk pemula selanjutnya yaitu menyeting senar gitar anda tinggi dari fretboard. Mungkin anda akan bertanya, bukannya kalau senarnya ditinggikan jadi susah ya ? iya benar sekali, justru itulah hal yang membuat trik ini menjadi cara cepat belajar gitar. Hal itu dikarenakan jika senar tinggi dari fretboard maka anda akan lebih berusaha dengan tenaga untuk menekan senar sehingga jari jari anda semakin lama akan terbiasa menekan senar yang  keras. Jika sudah terbiasa maka pasti anda akan lebih mudah jika menggunakan gitar yang jarak senar ke fretboardnya lebih rendah. Ini menjadi salah satu trik yang memang cukup efektif untuk belajar gitar. Namun jika cara ini cukup susah untuk dilakukan maka anda tidak harus melakukannya.

Untuk meninggikan senar dari fretboard jika anda menggunakan gitar elektrik maka anda bisa menyetingnya di bagian bridge. Jika anda menggunakan gitar akustik maka anda dapat memodifikasi sadle bridge (penyangga senar) yang berada di bagian bawah dengan cara meletakkan benda yang panjangnya sesuai dan lebih tinggi pada sadle bridge tersebut. Jangan khawatir, setelah anda bisa menguasai gitar maka anda dapat melepasnya kembali.

Anda dapat melakukan beberapa cara cepat belajar gitar tersebut sehingga walaupun tanpa guru pun anda dapat menguasai cara gitar dengan cepat. Demikian cara belajar gitar untuk pemula, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian terimakasih.

No comments:

Post a Comment