Thursday, April 30, 2015

Trik Belajar Chord Dasar Gitar Cepat Langsung Bisa #Seri 7

Belajar chord gitar terutama chord dasar gitar merupakan salah satu kewajiban bagi anda yang sedang belajar cara bermain gitar. Hal itu dikarenakan chord dasar seperti namanya yaitu dasar sehingga chord ini yang paling banyak digunakan dan menjadi dasar atau patokan terhadap chord lainnya. Bagi pemula yang sama sekali belum pernah memegang gitar memang sedikit agak susah untuk belajar, namun jika giat berlatih maka dengan mudah anda menguasainya.




belajar chord gitar


Trik yang akan saya bahas kali ini adalah lanjutan dari beberapa seri sebelumnya dan saya kumpulkan disini Kumpulan Seri Belajar Gitar , bagi yang belum membaca trik pada seri sebelumnya sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu karena anda harus terlebih dahulu menguasai trik yang sebelumnya. Belajar chord gitar jika anda sudah memahami memang tidak terlalu susah, apalagi chord dasar gitar ini belum membentuk pola pola chord yang susah.

Chord Dasar Gitar

Pada artikel lanjutan ini yang akan saya bahas mendalam yaitu pada tempo, kelancaran serta kecepatan saat berpindah maupun memainkan chord dasar gitar. Sebelum masuk ke chord yang lebih susah, maka anda harus sudah lancar saat menggunakan chord dasar. Dengan demikian maka proses anda belajar chord gitar lainnya yang polanya lebih rumit juga akan lebih cepat. Untuk referensi bagi anda yang belum hafal tentang chord dasar anda dapat melihatnya pada Gambar Kunci Gitar Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula . Setelah anda menguasai chord dasar anda bisa untuk belajar chord lain yang lebih rumit.

Belajar Chord Gitar 


Pada trik sebelumnya, anda sudah berlatih untuk memainkan progresi progresi chord sederhana walaupun temponya masih acak acakan, namun itu sudah dapat menjadi bekal untuk menggunakan trik yang akan saya bahas. Saya anggap anda sudah bisa memainkan beberapa progresi misalnya A-F-C-G yang tidak terlalu susah, dan saya anggap anda sudah lancar dalam perpindahan kuncinya misalnya dari A ke F , F ke C dan seterusnya. Jika belum, silahkan anda pelajari lagi pada artikel saya sebelumnya.

Yang akan kita latih yaitu tempo kita dalam bermain gitar. Untuk yang belum tahu apa itu tempo, bahasa mudahnya tempo itu adalah suatu kecepatan atau ketukan. Misalnya seperti ini, ketika anda mendengarkan sebuah musik, itu pasti ada ketukannya hanya saja tidak ikut dibunyikan dalam musik tersebut. Untuk membuktikannya anda sendiri bisa membuat ketukan ketika musik dinyalakan, misalnya dengan mengetok meja atau apa dengan kecepatan yang sama dan seirama dengan lagu. Nah itulah yang dinamakan tempo.

chord dasar gitar


Jika anda bermain gitar namun tanpa tempo, bisa dibayangkan musik yang dihasilkan pasti juga tidak karuan. Apalagi jika anda mengiringi lagu, pasti orang yang menyanyi akan menjadi bingung karena anda memainkan gitarnya tidak berdasarkan tempo yang tepat. Selain itu, tempo juga bisa kita gunakan untuk melatih kecepatan kita dalam memainkan progresi chord dasar  gitar. Kita membutuhkan sebuah alat bernama metronome, namun jika anda tidak memiliki maka anda dapat mendownload aplikasi metronome pada smartphone atau pada laptop. Metronome dapat menghasilkan ketukan ketukan yang kecepatannya dapat anda sesuaikan. Nah kita akan menggunakan ketukannya saja untuk belajar chord gitar.



cara bermain gitar

Setting metronome supaya suara ketukan yang dihasilkan hanya satu suara saja, misalnya suara tik tik tik tik saja. Kemudian untuk awal, anda dapat gunakan tempo misal 50 bpm yang dapat anda atur pada metronome. Pada tempo tersebut mainkan progresi chord dasar gitar misal A-F-C-G. Setelah anda lancar memainkannya pada tempo tersebut, kemudian untuk belajar chord gitar selanjutnya dapat anda naikkan lagi temponya menjadi misalnya 60 bpm. Lakukan cara itu terus menerus sampai anda berada pada tempo yang cukup cepat. Inti dari trik ini adalah anda harus melakukannya secara perlahan, jika anda tidak bisa yang cepat maka awali dari yang lambat nah seiring berjalannya waktu pasti kemampuan anda bertambah sehingga anda dapat mempercepat lagi tempo. Selain progresi di atas, anda juga dapat memainkan lagu lagu yang chordnya sederhana.

Setelah anda menguasai trik ini maka anda juga dapat menggunakannya untuk jenis kunci yang lain. Anda dapat membaca Cara Cepat Belajar Gitar Otodidak Sangat Cocok Untuk Pemula Gratis .
Sangat mudah sekali ternyata untuk mempelajari chord dasar gitar kan, hanya butuh metronome atau aplikasinya. Bahkan jika tetap tidak ada, anda bisa menyuruh misalnya teman anda untuk membuat ketukan. Namun cara itu tidak cukup efektif karena selain akan menyusahkan teman anda juga pasti kecepatan yang dihasilkan tidak tetap. Sekian dulu trik tentang belajar chord gitar selamat berlatih dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment