Monday, July 6, 2015

Harga Tuner Gitar Paling Murah dan Akurat

Harga tuner gitar sangat perlu anda perhatikan karena untuk menjadi gitaris professional maka hal yang perlu anda miliki adalah sebuah tuner gitar. Tuner mampu membantu anda ketika sedang menyetem dan dihasilkan nada senar yang akurat sehingga anda tidak perlu khawatir fals. Oleh karena itu jika anda tidak mau susah susah ketika akan menyetem sebuah gitar, saya sarankan untuk membeli tuner gitar. Sebelum saya membahas lengkap, silahkan membaca juga artikel saya sebelumnya tentang Daftar Harga Gitar Ibanez Akustik Dengan Review Lengkap .


harga tuner gitar

Mengenai penyeteman menggunakan tuner juga sudah pernah saya singgung pada artikel 4 Cara Menyetem Gitar Dengan Cepat Dan Akurat . Harga tuner gitar yang ada dipasaran memang sangat bervariasi berdasarkan jenis dan kualitasnya. Pada dasarnya tuner gitar ini ada dua macam jenis yaitu pedal tuner (stompbox untuk gitar elektrik atau akustik elektrik) dan clip tuner (tuner jepit).

Untuk perbedaan kedua jenis tuner tersebut terletak pada cara kerjanya. Tuner pedal atau biasa dirangkai bersamaan dengan efek stompbox ini cara kerjanya yaitu dengan menerima sinyal yang melalui kabel dari gitar elektrik, tuner ini pada umumnya memiliki output sehingga sinyal masih bisa diteruskan, untuk menyalakannya dengan cara menekan switch pada pedal. Tuner stompbox ini membutuhkan arus 9 volt menggunakan adaptor atau baterai. Mengenai harga tuner gitar jenis ini juga akan saya bahas nanti.

Sedangkan untuk tuner clip atau tuner jepit cara kerjanya yaitu dengan menerima sinyal langsung dari gitar, tuner jenis ini sudah dilengkapi dengan mic di dalamnya sehingga dapat menangkap gelombang suara yang dibunyikan pada gitar. Untuk segi akurasi, menurut saya tuner stompbox lebih akurat karena sinyalnya dibawa langsung dari gitar sehingga tidak ada suara lain yang mengganggu. Itulah mengapa tuner stompbox lebih mahal dari tuner clip. Berikut ini adalah harga tuner gitar lengkap.

Harga Tuner Gitar Jenis Stompbox :


Behringer TU-300
cara bermain gitar

Harga tuner gitar saya mulai dari yang termurah yaitu behringer TU-300. Body pada tuner gitar ini terbuat dari plastik sehingga lebih rentan terhadap tekanan. Namun tuner ini memiliki fitur fitur yang menarik yaitu mampu melakukan tuning dengan 3 mode gitar, bass dan chromatic. Harga tuner gitar behringer TU-300 yaitu berkisar antara Rp 300.000 .

KORG Pitchblack PB03
harga tuner gitar murah

Harga tuner gitar selanjutnya yaitu datang dari produsen instrument terkemuka yaitu korg. Tuner ini terbuat dari aluminium sehingga kuat terhadap tekanan. Menggunakan true bypass switch sehingga anda tidak perlu khawatir sinyal dari gitar akan terpotong. Selain itu, tuner ini sudah menggunakan layar LED pada display berwarna merah sehingga anda tidak perlu terlalu mendekat jika ingin melakukan tuning pada gitar. Masih banyak lagi fitur lain yang menarik dari tuner ini. Untuk harga tergolong sangat murah dengan fitur demikian, yaitu Rp 700.000 .

Boss Tu-3
cara menyetem gitar

Salah satu produsen alat musik terkemuka lainnya yaitu Boss, produsen yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi dalam instrumen musik. Produknya yang banyak digemari yaitu jenis efek stompboxnya yang salah satunya adalah tuner gitar boss tu-3. Menggunakan casing besi, didukung dengan true bypass, serta mode tuning yang lengkap membuat tuner ini paling banyak dipakai gitaris. Harga tuner gitar boss tu-3 yaitu Rp 1.100.000 .

Harga Tuner Gitar Jenis Clip :


Joyo JT-01
harga tuner gitar clip

Harga tuner gitar clip yang pertama dan termurah versi kaugitaris.com yaitu joyo jt-01. Tuner ini juga dilengkapi dengan penjepit sehingga bisa anda pasang pada head gitar supaya anda tidak susah susah ketika akan melakukan penyeteman. Banyak alat musik yang bisa di stem dengan tuner ini misalnya gitar, bass, ukulele, biola, serta alat musik lain. Harga tuner gitar joyo jt-01 adalah Rp 80.000 .

KORG Pitchclip PC1
belajar menyetem gitar

Selain memproduksi tuner stompbox, korg juga memproduksi berbagai jenis tuner clip salah satunya yaitu pitchclip pc1. Tuner ini dapat anda pasangkan pada head gitar, selain itu Korg pitchclip pc1 ini juga sudah menggunakan layar LED display sehingga terlihat lebih jelas ketika anda melakukan tuning. Fitur lainnya yaitu auto power off, tuner clip ini akan mati dengan sendirinya ketika tidak digunakan sehingga menghemat baterai. Harga tuner gitar korg pitchclip pc1 yaitu Rp 150.000 .

KORG Pitchhawk G2
harga tuner gitar

Satu lagi produk tuner dari korg yaitu KORG Pitchhawk G2. Sama seperti sebelumnya, tuner ini menggunakan display LED, namun bedanya tuner ini sudah menggunakan Color LED atau berwarna. Dengan kualitas yang pastinya diatas tuner yang lain, fitur yang juga banyak, tuner ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 280.000, tentunya ini adalah harga tuner gitar yang cukup terjangkau.

Dengan mengetahui harga tuner gitar seperti diatas maka saya harapkan anda tidak bingung lagi ketika berniat membeli sebuah tuner. Walaupun anda masih dalam tahap belajar cara bermain gitar, tuner ini juga sangat penting untuk anda miliki karena anda akan dimudahkan ketika melakukan tuning atau penyeteman terhadap gitar anda. Apalagi bagi pemula pasti susah untuk melakukan penyeteman manual (dengan pendengaran) secara akurat. Demikian tentang harga tuner gitar semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment