Sunday, May 17, 2015

Belajar Teknik Dasar Strumming Bermain Gitar

Belajar teknik dasar barmain gitar salah satunya yaitu teknik strumming atau biasa kita kenal dengan menggenjreng jika anda sudah pelajari dengan benar maka anda akan semakin mudah dalam memainkan lagu. Dengan belajar beberapa pola dasar dan anda pun juga akan semakin terbiasa dengan gitar, maka anda akan dapat dengan mudah memainkan lagu yang diinginkan. Pada artikel ini kita akan membahas langkah langkah dan teknik dasar strumming dalam bermain gitar. Jika anda masih belajar cara bermain gitar dan memiliki masalah dalam menghafal chord atau kunci gitar, silahkan klik Trik Menghafal dan Belajar Kunci Gitar Lengkap Dengan Cepat .

teknik dasar bermain gitar

Teknik Dasar Bermain Gitar


Posisi senar yang dipetik atau dimainkan

Untuk mendapatkan suara yang maksimal, anda dapat melakukan teknik strumming ini yaitu pada senar yang letaknya antara lubang suara dan saddle atau bridge. Perlu anda tahu bahwa dimana letak anda melakukan strumming ataupun petikan pada senar itu mempengaruhi suara yang dihasilkan. Jika anda memilih untuk strumming di bagian atas atau mendekati neck maka suara yang dihasilkan akan lebih warm dan bass sedangkan jika anda memilih untuk strumming di bagian bawah mendekati saddle / bridge maka suara yang dihasilkan akan lebih bright dan treble. Walaupun tidak ada aturan pasti untuk hal ini namun bagi anda yang baru belajar teknik dasar bermain gitar sebaiknya gunakan yang standar saja.

Pelajari Down stroke dan Up stroke

cara bermain gitar

 

Dalam teknik dasar bermain gitar yang satu ini dapat anda mainkan dengan cara down stroke atau memetik kebawah dan up stroke atau memetik ke atas . Lebih jelasnya yaitu dapat diartiken dengan gerakan tangan anda saat melakukan strumming, apakah kebawah atau keatas. Untuk berlatih teknik down stroke strumming anda dapat membentuk sebuah pola chord dan kemudian memetiknya secara down stroke dari atas kebawah, kemudian ganti sampai semua chord anda bisa dan terdengar bunyi yang sempurna. Begitu juga untuk belajar up stroke, anda dapat menggunakan semua kunci dan memetiknya dari bawah ke atas.

Kombinasikan teknik Up – Down stroke

Jika anda sudah mempelajari dan menguasai satu persatu teknik up stroke dan down stroke, maka saat ini anda perlu belajar untuk mengkombinasikan teknik dasar bermain gitar tersebut. Dalam bermain strumming gitar anda harus bisa memainkan up – down stroke dengan lancar. Untuk pemula yang baru belajar cara bermain gitar, anda dapat menggunakan pola yang paling sederhana yaitu : (DUDUDUDU) D yaitu Down stroke dan U yaitu Up stroke. Perlu anda ketahui juga bahwa dalam belajar teknik strumming diperlukan ketepatan tempo, oleh karena itu dalam belajar pola strumming di atas anda harus bisa menyesuaikan tempo supaya selalu tepat, bahkan anda bisa menggunakan sebuah metronome untuk menjaga tempo tetap stabil.

Perpindahan chord gitar

Ketika anda merasa nyaman dengan teknik dasar bermain gitar up stroke dan down stroke pada sebuah chord, maka anda harus berlatih untuk berganti chord. Misalnya anda memulai strumming up – down stroke dengan chord G, selanjutnya setelah beberapa ketukan anda ganti dengan chord lain misalnya C, kemudian D dan seterusnya dalam jangka waktu ketukan yang sama setiap perpindahan chord. Untuk pemula sebaiknya anda menggunakan progresi standar yang sangat simpel yaitu (Em-C-G-D). Pelajari caranya di Cara Belajar Gitar Akustik Dengan Metode Cepat .

Mencoba pola yang lebih rumit

Hampir tidak ada lagu menggunakan hanya pola (DUDUDUDU) itu hanya pola untuk latihan saja dan memang akan membosankan untuk memainkan pola yang sama tersebut berulang-ulang karena sangat datar. Anda dapat membuat sebuah modifikasi pada pola misalnya  (DUDUDU-U).  Ataupun dengan pola yang sangat populer dan banyak digunakan dalam lagu lagu populeryaitu (DDUU-DU). Berikut ini beberapa pola yang lazim digunakan pada sebuah lagu dan dapat anda gunakan untuk belajar, namun pastikan dulu anda memahami sebuah ketukan dalam lagu.

teknik dasar bermain gitar
Anda juga dapat mengetahui pola strumming yang digunakan dalam sebuah lagu. Yaitu dengan  mendengarkan lagu tersebut kemudian rasakan iramanya dan setelah itu anda bisa mengikuti irama lagu tersebut diikuti melakukan strumming pada gitar anda. Sekarang anda sudah dapat mengetahui teknik dasar bermain gitar, anda dapat mulai belajar untuk beragam pola strumming yang lebih rumit misalnya pada lagu rock. Dengan strumming ini maka permainan gitar anda menjadi lebih menarik dan tidak terkesan membosankan karena banyak irama yang bisa digunakan.

Berlatih variasi strumming

Jika hanya strumming saja mungkin akan terdengar membosankan, namun ada cara untuk membuatnya menjadi tidak membosankan yaitu dengan menambahkan variasi dengan meredam suara senar, anda bisa melakukan teknik dasar bermain gitar ini menggunakan jari dan tangan anda. Sembari anda melakukan strumming, anda melakukan peredaman terhadap bunyi senar. Hal ini bisa dilakukan tangan kiri ataupun tangan kanan anda. Misalnya ketika tangan kanan anda gunakan untuk strumming senar maka tangan kiri anda menghentikan senar dengan cara memegangnya tanpa menekan. Hal itu akan membuat sebuah ritme yang menarik pada pola strumming gitar. Ini juga membuat permainan gitar anda tidak terlalu monoton.

Tempo itu penting

Sangat banyak pemula belajar gitar yang tidak memperhatikan hal ini, mereka hanya terlalu berfokus untuk melakukan pola strumming yang mereka pelajari namun melupakan sebuah tempo. Ketika anda melakukan teknik dasar strumming bermain gitar ini, cobalah untuk menggunakan sebuah metronome, sekarang ini banyak aplikasi aplikasi metronome yang dapat anda install di smartphone. Jika anda masih malas untuk melakukannya, anda bisa meminta bantuan kepada teman anda untuk membuatkan bunyi ketukan yang dapat anda dengar, namun cara ini kurang efektif. Setelah anda terbiasa melakukan strumming dengan metronome maka anda bisa menguasai tempo dengan lancar dan anda juga akan bisa otomatis membuat tempo ketukan sendiri dalam pikiran anda saat anda memainkan gitar. Saya juga sudah membagi tentang tempo pada artikel Trik Belajar Chord Dasar Gitar Cepat .

Mulai memainkan lagu

Ini adalah inti dari belajar gitar serta teknik dasar bermain gitar yang sudah anda pelajari. Yaitu dengan praktek untuk memainkan sebuah lagu, mulailah dengan lagu yang mudah dan dapat anda gunakan untuk belajar pola strumming gitar dasar.

Dengan mempraktekkan beberapa cara di atas maka anda akan segera menguasai teknik strumming pada gitar. Saran saya, anda harus selalu berlatih, berlatih dan berlatih untuk bisa menguasai sebuah teknik. Demikian tentang teknik dasar bermain gitar semoga membantu.

No comments:

Post a Comment