Thursday, May 28, 2015

Cara Bermain Melodi Gitar Dengan Belajar Scale

Cara bermain melodi gitar adalah sebuah tahap tahap yang perlu anda lalui, setelah sebelumnya anda sudah belajar tentang teknik dasar dalam bermain melodi di Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar yang Wajib Bisa maka sekarang anda perlu belajar cara bermain melodi gitar tahap selanjutnya. Bermain melodi gitar lebih dari hanya belajar pola atau pattern dalam tab gitar. Namun dalam bermain melodi ini kita dituntut untuk bisa membuat suasana menjadi lebih terasa realistis dari melodi melodi yang anda mainkan, mungkin anda bisa membuatnya menjadi lebih tegang, menjadi suasana sedih ataupun lainnya.

Kebanyakan orang yang melihat orang lain bermain gitar, mereka memutuskan untuk belajar bermain gitar juga, dan mungkin mereka memulai belajar dari chord gitar, kemudian memetik sederhana, dan bermain tab lagu yang anda sukai. Ini adalah hal yang umum dilakukan banyak pemula yang belajar gitar. Setelah itu, mungkin anda berpikir untuk belajar cara bermain melodi gitar seperti yang akan saya bahas ini. Memang membutuhkan banyak waktu untuk bisa menguasai teknik teknik serta hal lainnya dalam belajar melodi gitar, itu juga hal yang sama setiap orang rasakan ketika belajar bermain melodi. Namun dengan tetap berlatih akan membuat anda semakin menguasainya.

cara bermain melodi gitar
Jika anda merasakan hal yang sama, maka artikel ini mungkin bisa membantu. Jika anda ingin belajar lead gitar atau melodi gitar, sangat penting bahwa anda harus memulai mempelajari teori dan teknik yang digunakan.

Cara Bermain Melodi Gitar


Not atau nada


Saya akan mulai dengan not atau nada yang ada pada gitar. Untuk lebih mudahnya, maka saya akan menggunakan alat musik keyboard untuk membantu anda memahami menjadi lebih mudah. Hal itu karena pada keyboard terdapat tombol tombol berurutan dari nada rendah ke tinggi yang dapat kita gunakan untuk memudahkan pemahaman dalam cara bermain melodi gitar dasar ini khususnya belajar scale dasar.

Pada sebuah keyboard terdapat tombol yang sangat banyak, namun diantara banyak tombol tersebut sebenarnya hanya terdiri dari 7 nada natural (do re mi fa sol la si do) namun diulang ulang sehingga ada beberapa tombol yang memiliki nada sama hanya oktafnya yang berbeda. Jarak antar oktaf ini yaitu 12 dari semua tombol putih dan hitam dari nada DO. Anda bisa mendapatkan berbagai variasi nada dengan menentukan nada dasarnya. Misalnya yaitu kita menggunakan nada dasar C mayor.

cara bermain gitar

Nada dalam kunci C mayor: C-D-E-F-G-A-B-C
Nada dalam kunci A minor: A-B-C-D-E-F-G-A

Untuk mengetahui apa saja not pada sebuah scale maka anda harus mengetahui interval atau jarak setiap notnya. Berikut ini interval nada untuk scale diatonic:

Mayor :  1 – 1 – ½- 1 – 1 – 1 - ½
Minor :  1 – ½ - 1 – 1 – ½ - 1 – 1

Scale

Nah sekarang kita akan mempelajari scale untuk bermain sebuah melodi gitar. Ini adalah hal dasar selanjutnya untuk belajar cara bermain melodi gitar. Bagi pemula sebaiknya belajar scale yang paling dasar misalnya scale diatonic C mayor (CDEFGABC) dan untuk scale A minor (ABCDEFGA). Sekarang anda perlu menerapkannya pada fretboard gitar anda, anda harus membuat do re mi fa sol la si do dari nada do=C pada fretboard gitar anda untuk scale C mayor. Tentu akan sangat banyak dihasilkan not dan nada, walaupun sebenarnya hanya ada 7, yang lainnya berbeda oktaf. Nah itulah yang dinamakan scale, anda perlu menghafalkan itu semua untuk bisa memainkan sebuah melodi yang menyatu dengan rhythm. Ini memang cukup berat untuk yang sedang mempelajari cara bermain melodi gitar.

Sebagai Contoh

belajar melodi gitar

cara belajar melodi gitar

cara bermain melodi gitar

Titik titik tersebut berdasarkan yang sudah anda tentukan sebelumnya misalnya pada scale C major maka nadanya yaitu  (CDEFGABC).

Penggunaan Scale

Yang terakhir adalah penggunaan scale dalam permainan melodi gitar. Bagi anda yang sedang belajar cara bermain melodi gitar, memang scale ini menjadi hal yang menakutkan karena sedikit susah untuk dihafalkan. Namun itu adalah sebuah keharusan, jadi anda wajib untuk menghafal setidaknya sebuah scale. Penggunaan scale itu sendiri yaitu untuk membantu anda membuat dan menyusun sebuah melodi gitar dari not not tertentu dan suara yang dihasilkan itu menyatu dengan rhythm yang dimainkan misalnya orang lain. Misalnya ketika teman anda memainkan rhythm yang menggunakan nada dasar C= do, maka anda bisa menggunakan scale C mayor tersebut untuk bermain bersama teman anda tersebut. Tanpa adanya scale, maka nada yang anda petik tidak akan masuk dengan rhythm yang dimainkan sehingga terdengar fals.

Saran dari saya untuk belajar scale ini sebaiknya anda berlatih terus setiap hari untuk menerapkan scale yang sudah anda hafal. Jika sudah hafal sebuah scale, maka anda harus mempelajari scale lainnya. Sebelum saya akhiri mungkin ada yang ingin membeli sebuah gitar yamaha apx 500 silahkan baca artikelnya disini Harga Gitar Yamaha APX 500 dan Review. Mungkin sekian tentang cara bermain melodi gitar terimakasih telah berkunjung.

No comments:

Post a Comment