Saturday, May 23, 2015

Cara Mudah Bermain Petikan Gitar Pemula Langsung Bisa

Jika anda seorang pemula yang menginginkan cara mudah bermain gitar yaitu teknik petikan, itu dapat anda lakukan jika anda sudah menguasai triknya. Kebanyakan pemain gitar pemula memang lebih mudah untuk melakukan teknik strumming (menggenjreng) untuk memainkan lagu, daripada menggunakan teknik fingerpickin atau petikan yang akan kita bahas kali ini. Memainkan lagu dengan pola petikan pada gitar memang cukup sulit bagi kebanyakan pemula yang sedang belajar cara bermain gitar. Sebelum membahas teknik ini mungkin bagi anda yang ingin panduan belajar bermain gitar lengkap dari awal sampai akhir untuk pemula silahkan baca di Panduan Cara Bermain Gitar Dari A – Z .

cara mudah bermain gitar

Untuk bisa memainkan pola petikan yang cukup rumit untuk menyelesaikan sebuah lagu, anda perlu mengetahui dasar dasar dan menguasai terlebih dahulu teknik petikan tersebut supaya ketika memainkan pola lagu tertentu anda bisa dengan mudah memainkannya. Kuncinya adalah dengan belajar pola petikan gitar yang sudah dipecah menjadi potongan-potongan kecil dan sederhana untuk pemula sehingga dapat dengan mudah dimainkan dan dihafal untuk cara mudah bermain gitar teknik petikan.

Cara Mudah Bermain Gitar

Sebelumnya, mari kita lihat alasan utama mengapa pemula mengalami kesulitan belajar dan menguasai lagu-lagu yang menggunakan teknik petikan atau fingerpicking. Setelah kita memahami apa yang menyebabkan masalah, maka anda bisa dengan mudah mengatasinya sehingga dapat belajar cara mudah bermain gitar teknik petikan:

1. Pemain gitar pemula tidak menyadari bahwa sebuah lagu yang menggunakan iringan petikan gitar kadang tersusun dari hanya sebagian kecil pola saja dan pola tersebut diulang-ulang menggunakan variasi permainan. Dengan hal itu maka anda perlu belajar hanya sejumlah kecil bagian pola tersebut dan kemudian mengembangkannya. Belajar dengan cara seperti ini akan memudahkan anda dalam belajar cara mudah bermain gitar petikan.

2. Kebanyakan pemula sering mencoba untuk belajar banyak hal sekaligus. Misalnya mencoba menguasai jari yang berada di fret dan jari yang digunakan untuk memetik senar pada waktu yang sama. Hal ini akan sangat susah untuk dikuasai pemula jika proses belajarnya seperti itu, bisa saja juga membuat pemula yang sedang belajar menyerah.

3. Tidak tahu cara terbaik untuk berlatih pola petikan gitar ini sehingga mereka bisa menguasai cara mudah bermain gitar teknik petikan ini dan belajar lagu dalam waktu sesingkat mungkin.

Jadi kita sudah tahu apa masalahnya, sekarang kita cari solusinya:

Langkah pertama adalah dengan belajar bagaimana membagi pola menjadi bagian bagian kecil. Bagian-bagian tersebut dapat anda pelajari dan hafal lebih mudah. Berikutnya adalah belajar bagaimana untuk berlatih bagian-bagian kecil tadi. Langkah terakhir adalah belajar untuk mengkombinasikan koordinasi antara jari pada kedua tangan anda, yaitu jari untuk memetik dan jari untuk menekan senar menggunakan cara yang sederhana sehingga anda bisa menguasai cara mudah bermain gitar dengan cepat.

Belajar pola petikan gitar

Untuk belajar langkah-langkah menguasai pola petikan gitar, kita akan menggunakan pola yang diulang ulang dalam enam senar. Berikut ini contoh pola yang paling dasar dan banyak digunakan (untuk yang belum bisa membaca tab gitar, silahkan klik Cara Membaca Tab Gitar Untuk Pemula )

belajar gitar
Memang terlihat sangat banyak not yang perlu dipetik. Mari kita membaginya menjadi lebih sederhana. Enam not pertama semua dimainkan dalam bentuk kunci C (saya membatasi di antara kedua garis)  untuk bisa memainkannya, anda perlu menempatkan jari anda pada posisi kunci C terbuka pada senar gitar.

Kita akan fokus pada bermain hanya tiga not pertama. Untuk memainkan not ini, kita hanya memetik senar kelima, diikuti oleh senar keempat dan kemudian senar kedua. Untuk cara memetiknya yaitu downstroke (memetik kebawah). Anda perlu mengulanginya sampai lancar dan menghasilkan suara yang bersih untuk belajar cara mudah bermain petikan gitar. Nah itu adalah bagian pertama yaitu berupa 3 not pertama.

Kemudian kita bisa menguasai kelompok kedua dari tiga not setelah urutan di atas dengan cara yang sama. Dari bagian pertama tadi kita perlu melanjutkan pada senar ketiga, dilanjutkan keempat, dan kemudian senar  yang ketiga lagi. Dalam bagian ini, anda bisa memetik senar ketiga dan keempat menggunakan upstrokes (memetik keatas) dan yang terakhir not pada senar ketiga menggunakan downstroke. Itulah bagian 2 untuk membantu cara mudah bermain gitar petikan, untuk bagian selanjutnya silahkan anda cari sendiri karena caranya sama dengan contoh bagian 1 dan 2 diatas yaitu ada tiga not untuk setiap bagian.

Setelah anda merasa lebih mudah untuk bermain setiap kelompok yang berisi tiga not tersebut, kemudian yang perlu anda lakukan adalah memainkan mereka secara bersama-sama. Anda harus menggabungkan dari bagian 1 dengan 2 yang masih berada pada chord C sehingga lebih mudah.

Dalam pola tersebut hanya ada tiga bentuk chord yaitu C, G  dan Am. Pastikan jari anda sudah menghafal dan mampu memainkan chord tersebut dengan lancar. Jika belum anda bisa membaca panduannya Tips Cara Cepat Bermain Gitar Dengan Latihan Senam Jari. Dengan membaca artikel di atas maka ini juga membantu anda dalam menguasai teknik cara mudah bermain gitar petikan ini. Sekarang cobalah untuk bermain chord dan memetiknya. Lakukan dengan perlahan, untuk pemula sebaiknya lebih fokuskan pada akurasi petikan daripada kecepatan, untuk kecepatan setelah anda bisa memainkannya pasti akan muncul sendiri.

cara mudah main gitar
Berlatih pola memetik dan perubahan chord gitar seperti ini memiliki banyak manfaat bagi permainan gitar anda. Ini akan membantu ketika anda menginginkan untuk mengulik atau belajar sebuah lagu sendir, anda akan dengan mudah mengetahui pola petikan lagu tersebut karena anda sudah terbiasa memainkannya. Perlu anda tahu bahwa ini bukan hanya latihan sia-sia, anda dapat belajar petikan pada lagu secara langsung dan juga mampu meningkatkan teknik bermain gitar anda dengan mudah.

Jika anda berlatih dengan cara ini, maka akan lebih mudah bagi anda untuk belajar lagu-lagu baru dengan lebih cepat, semakin meningkat juga teknik anda, dan juga memperbanyak variasi permainan gitar anda.

Pola-pola petikan gitar dapat membuat suara dari chord yang dihasilkan menjadi menarik dan keren. Anda harus bereksperimen dengan hal ini untuk mendapatkan pola terbaik menurut anda sendiri. Mungkin mencoba menggunakan chord yang berbeda ataupun pola senar yang beda. Memang sedikit sulit untuk memainkannya, Namun cara yang sudah saya bahas ini dapat membantu anda untuk menguasainya. Mungkin sampai disini tentang cara mudah bermain gitar teknik petikan lain kali akan saya lanjutkan lagi.

No comments:

Post a Comment