Saturday, May 23, 2015

Panduan Prinsip Belajar Gitar Untuk Pemula

Dengan menguasai panduan belajar gitar tentang prinsipnya, ini bisa menjadi dasar anda dalam bermain gitar sehingga anda bisa lebih cepat menguasai cara bermain gitar. Belajar memang tak hanya cara dan tekniknya saja, namun juga dari hal lain seperti yang akan saya bahas dalam artikel ini. Berdasarkan pengalaman saya dalam bermain gitar, saya telah menyimpulkan beberapa prinsip dan filosofi tentang cara terbaik untuk berlatih bermain gitar. Sebelumnya, anda juga bisa membaca artikel tentang belajar petikan disini Cara Mudah Bermain Petikan Gitar Pemula Langsung Bisa. Nah, berikut ini beberapa panduan belajar gitar tentang prinsipnya yang perlu anda tahu.
panduan belajar gitar

Panduan Belajar Gitar


Pelajari teknik dan lagu yang baru

Berlatih lagu yang anda sudah bisa dan anda ulangi terus menerus memang sangat menyenangkan karena mudah, tetapi itu hal itu tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan anda dalam bermain gitar. Oleh karena itu panduan belajar gitar yang pertama ini, anda harus belajar lagu dan teknik yang baru setelah bisa menguasai yang sebelumnya, dengan hal itu maka anda akan lebih tertantang dan otomatis kemampuan atau skill bermain gitar anda juga meningkat.

Rekam saat anda belajar bermain gitar

cara bermain gitar
Untuk melakukan panduan belajar gitar yang kedua ini memang diperlukan sebuah alat perekam misalnya handphone. Dengan merekam permainan gitar anda, maka itu akan sangat bermanfaat bagi anda yang sedang belajar cara bermain gitar. Anda akan mengetahui bagaimana permainan gitar yang sudah anda kuasai, kemudian anda juga akan mengetahui kekurangan dalam permainan tersebut sehingga pada latihan selanjutnya anda bisa memperbaikinya. Dengan mengetahui kekurangan tersebut, maka latihan selanjutnya akan menjadi lebih efektif.

Pelajari lagu dengan chord bervariasi

Pilih lagu yang benar-benar anda suka dan pastikan lagu tersebut menggunakan banyak kunci gitar. Hal ini akan membantu anda menguasai chord baru dan memungkinkan anda untuk bermain lagu lebih sempurna. Panduan belajar gitar ini bahkan lebih baik lagi jika chord yang digunakan pada lagu tersebut adalah chord yang susah dan anda belum menguasai dengan sempurna. Untuk mengetahui chord gitarnya, anda bisa mencarinya di internet.

Berlatih dengan metronome 

panduan belajar bermain gitar
Bagi pemula, menggunakan metronome akan sangat berpengaruh dan juga meningkatkan kualitas permainan gitarnya. Metronome akan memberikan sebuah tempo dan ketukan yang akan membimbing seorang yang sedang bermain gitar sehingga temponya selalu tepat dan konsisten. Metronome ini juga dapat anda gunakan sebelum anda berlatih dengan band yang menggunakan drum. Kebanyakan pemula mengabaikan tempo pada permainan gitarnya sehingga dia bermain dengan kecepatan seenaknya saja. Memang tidak masalah jika dia bermain sendiri, namun jika dia mengiringi seoarng penyanyi atau bermain bersama orang lain itu akan sangat merusak permainan. Oleh karena itu anda perlu pertimbangkan panduan belajar gitar dengan metronome. Untuk lebih lengkapnya tentang metronome, silahkan kunjungi artikel Trik Belajar Chord Dasar Gitar Cepat Langsung Bisa .

Lebih baik 5 menit setiap hari daripada 2 jam setiap minggu

Ketika anda berlatih entah itu gitar atau apapun, otak anda akan selalu membentuk ingatan tentang apa yang anda pelajari. Dengan anda terbiasa melakukannya, maka otak juga akan semakin terbiasa dan semakin lama maka akan otomatis hafal diluar kepala. Ini yang terjadi setiap kali anda berlatih gitar. Ketika anda berlatih setiap hari atau sering, maka otak anda juga akan semakin terbiasa dengan chord ataupun pola pola tertenu dan otak secara otomatis sudah menghafalnya. Berbeda jika anda hanya belajar seminggu sekali, meskipun dalam durasi yang lama, belajar dengan cara itu tidak seefektif cara yang pertama tadi. Oleh karena itu dalam panduan belajar gitar ini dapat disimpulkan bahwa lebih baik untuk berlatih setiap hari walaupun durasinya sedikit, daripada belajar setiap minggu sekali walaupun dengan durasi yang lama.

Setiap anda belajar atau berlatih bermain gitar, perhatikan beberapa panduan prinsip belajar gitar di atas. Anda akan lebih mudah dalam berlatih dan proses berlatih tersebut akan lebih efektif daripada  ketika anda tidak memperhatikan tips tips di atas. Sekian tentang panduan belajar gitar silahkan berlatih.

No comments:

Post a Comment