Wednesday, May 13, 2015

Macam Macam Kunci Gitar Mayor, Minor, Augmented, Diminished

Kali ini saya akan membahas tentang macam macam kunci gitar dan bagaimana kunci tersebut dibentuk sehingga anda tidak perlu lagi melihat panduan cara bermain chord gitar karena hanya dengan menguasai teori ini maka anda bisa membuat kunci gitar sendiri. Pada artikel sebelumnya 3 Tahapan Cara Bermain Gitar Bagi Pemula telah saya katakana bahwa belajar teori itu penting, oleh karena itu saya memutuskan untuk menulis tentang macam macam kunci gitar dasar.

macam macam kunci gitar

Macam Macam Kunci Gitar

Mayor

Mungkin ini sudah umum anda dengar tentang kunci mayor, misalnya C mayor ataupun D mayor. Mayor ini masuk dalam salah satu jenis macam macam kunci gitar. Mari kita mulai belajar cara bermain gitar dengan kunci gitar yang cukup mendasar. Dalam contoh ini, kita akan melihat sebuah chord A mayor. Untuk memulai, kita akan mengambil sebuah nada dasar, karena kita akan melihat sebuah kunci A, maka nada dasarnya juga A:


cara bermain gitar
 Dari gambar tersebut itu salah satu macam macam kunci gitar yang merupakan bentuk kunci A, Nada pertama yang dibentuk dalam kunci A yaitu nada dasar (1=do) itu sendiri yaitu A yang berada pada senar 5 fret 0 dan senar 3 fret 2. Kemudian diikuti oleh nada selanjutnya yaitu C# yang jika dihitung secara solmilasi dari A=do, C# berada pada nada ke 3 atau mi. Dalam chord A mayor tersebut C# terletak pada senar 2 fret 2. Nada terakhir dalam kunci A mayor adalah nada kelima atau sol dari A=do yaitu E. Dalam kunci A mayor ini, E terletak pada senar 6 fret 0, senar 4 fret 2 dan senar 1 fret 0. Not yang dibunyikan pada kunci A mayor ini mewakili semua senar sehingga semua senar dapat anda petik.

Dari hal di atas anda sudah bisa membentuk sebuah kunci A mayor. Dapat disimpulkan bahwa chord mayor entah itu A atau chord apapun, terbentuk dengan pola not:

1 3 5 (do, mi, sol, dengan do=kunci dasar tersebut)

Pada salah satu dari macam macam kunci gitar ini, angka angka tersebut mewakili not, dan angka tersebut akan memudahkan anda dalam kunci kunci tertentu.

Minor

Macam macam kunci gitar selanjutnya yaitu jenis kunci minor. Selain mayor, pada kunci gitar juga terdapat kunci mayor, anda pasti mengetahui hal ini semuanya. Pada kunci minor ini hanya terdapat satu saja not yang sedikit berubah dari pola pada chord mayor sebelumnya. Contoh kunciA minor seperti ini:

belajar gitar

Dapat anda lihat polanya hampir sama dengan pola pada macam macam kunci gitar sebelumnya yaitu A mayor. Pada A minor ini yang berubah hanya pada not yang A mayor tadi pada senar 2 fret 2 (C#), pada chord mayor ini berubah menjadi senar 2 fret 2 atau C. Dari hal tersebut dapat kita ambil kesimpulan untuk bagaimana pembentuk chord A minor ini.

Not ketiga atau mi dari skala A mayor yang sudah saya bahas di atas adalah C#. Namun, dalam kunci  minor, C# diubah atau diturunkan setengah nada sehingga menjadi C. Selain hal tersebut, posisi lainnya tidak berubah yaitu not 1 pada A dan not 5 pada E. Nah jika pada chord mayor polanya adalah 1 3 5 maka pada chord minor polanya yaitu :

1 3b 5 (dengan do=kunci dasar tersebut)

Anda dapat melihat bahwa jika salah satu jenis macam macam kunci gitar ini dibandingkan dengan triad A mayor, hanya ada satu not yang letaknya berbeda, dan perbedaannya yaitu pada not ke 3 yang diturunkan setengah nada. Ini adalah perbedaan utama dari kunci mayor dan minor

Augmented

Pada macam macam kunci gitar berikutnya kita akan belajar tentang kunci augmented. Pada kunci augmented juga tidak jauh berbeda dari kunci mayor, hanya satu not yang berbeda dari kunci mayor. Lalu apa bedanya dengan kunci minor? . Lihat  kunci A aug atau biasa disebut A+ berikut:


macam macam kunci gitar
Jika kita lihat macam macam kunci gitar yang pertama tadi tentang A mayor mungkin dengan A+ ini hampir mirip jika dilihat 3 senar yang ditekan yaitu senar 2, 3, dan 4. Namun pada kunci A+ ini ditambah lagi yaitu pada senar 1 fret 1. Pada kunci A mayor tadi yang digunakan yaitu senar 1 fret 0, Oke sekarang akan saya bahas tentang perbedaannya.

Di awali dengan nada dasar atau not 1 yang tetap masih sama yaitu A pada senar 5 fret 0 dan senar 3 fret 2, kemudian dilanjutkan dengan not 3 yang masih sama juga seperti kunci A mayor yaitu nada C# yang berada pada senar 2 fret 2. Nah ini dia yang berbeda yaitu pada not 5nya, untuk kunci augmented ini not 5 dinaikkan setengah nada sehingga menjadi 5#. Pada kunci A+ , not 5# yaitu nada F yang berada pada senar 4 fret 3 dan senar 1 fret 1. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembentuk chord augmented yaitu:

1 3 5# (dengan do=kunci dasar)

Sebuah not kelima yang dinaikkan setengah nada sehingga menjadi # 5 di urutan numerik di atas akan menghasilkan  suara yang berbeda dari jenis chord mayor yakni lebih terdapat suasana tegang.

Diminished

Sekarang saatnya untuk macam macam kunci gitar yang terakhir dari pelajaran kali ini, yaitu kunci diminished. Pada jenis kunci diminished ini memang kadang cukup asing bagi yang sedang belajar cara bermain gitar. Perbedaanya dengan kunci mayor yaitu terdapat 2 nada yang berbeda dari kunci mayornya tersebut. Lihatlah contoh kunci A dim berikut ini:

cara bermain gitar

Dapat anda lihat bahwa memang salah satu dari 4 macam macam kunci gitar di atas memang cukup berbeda dari kunci utamanya atau mayor. Chord A dim ini terbentuk dari 3 not sama seperti jenis kunci lainnya yaitu not 1 atau do yang merupakan nada dasarnya yaitu A yang berada pada senar 5 fret 0 dan senar 3 fret 2. Kemudian dilanjutkan dengan nada ke 3 atau mi yang sedikit berubah yakni diturunkan setengah nada menjadi 3b, pada chord A dim yaitu nada C yang berada pada senar 2 fret 1. Yang terakhir yaitu nada 5 yang diturunkan setengah nada juga menjadi 5b, yaitu terdapat pada nada Eb atau D# yang letaknya yaitu pada senar 4 fret1. Dengan pengertian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pola pembentuk chord diminished yaitu :

1 3b 5b (dengan do=nada dasarnya)

Kesimpulan dari semua macam macam kunci gitar (mayor, minor, augmented dan diminished)


kunci dasar gitar

Dari macam macam kunci gitar di atas maka kita bisa memainkan kunci gitar lebih mudah dan kita juga dapat mempelajarinya pembentuk pembentuknya. Dengan menguasai semua jenisnya maka permainan gitar kita akan menjadi lebih bervariasi. Jangan lupa untuk membaca artikel tentang Harga Gitar Yamaha Akustik dan Spesifikasinya. Sekian tentang macam macam kunci gitar semoga bermanfaat bagi pembaca.

No comments:

Post a Comment